Syarat Pendaftar Program Magister Semester Gasal TA 2019/2020

Universitas Gadjah Mada Fakultas Farmasi Program Magister Manajemen Farmasi

Daya tampung penerimaan mahasiswa baru Program Studi Magister Manajemen Farmasi (MMF) : 20 mahasiswa

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMENRISTEKDIKTI sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi akademik:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
TPDA PLTI
450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS*
450

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
TOEP PLTI
27
International English Testing System (IELTS)*
4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL*
30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL*
400

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah;
8. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dengan dilengkapi fotokopi bukti daftar.
9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
10. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);

Syarat-syarat pelamar

  1. Persyaratan akademik calon mahasiswa
  2. Berijazah sarjana (S1) dalam bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan;
  3. Mempunyai IPK Program S1;
    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  • ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C, dan;
  1. Lulus dalam ujian seleksi khusus yang diselenggarakan oleh Prodi Magister Manajemen Farmasi Fakultas Farmasi UGM;
  2. Mempunyai kemampuan akademik yang cukup dan dipandang mampu untuk menempuh pendidikan S2 (Magister) yang dibuktikan dengan skor TPA BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM paling sedikit 500 atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  3. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan Bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
    1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM dengan skor minimal 209, atau;
    2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP dengan skor minimal 5, atau;
  • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF dengan skor minimal 45, atau;
  1. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF dengan skor minimal 450.
  1. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan TPA dan TOEFL (poin d dan e) namun memenuhi semua persyaratan dari UGM dan lulus seleksi khusus yang diselenggarakan oleh program studi, maka persyaratan TPA dan TOEFL nantinya harus telah terpenuhi sebelum mahasiswa melaksanakan ujian proposal tesis.

 

Program Magister Manajemen Farmasi Fakultas Farmasi UGM membuka pendaftaran untuk semester Gasal Gelombang 2 TA. 2019/2020 dan mengenai syarat khusus/tes substansi yang akan diselenggarakan di Program Magister Ilmu Farmasi dan Program Magister Manajemen Farmasi Fakultas Farmasi UGM sebagai berikut:

Tata cara tes akademik calon mahasiswa baru Program Magister Ilmu Farmasi dan Prodi Magister Manajemen Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Gelombang 2 TA. 2019/2020.

Setiap calon mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat makalah berupa esai seputar kefarmasian dengan aturan sebagai berikut:

  • Topik: masalah-masalah terkait kefarmasian (bisa berasal dari skripsi atau yang terkait dengan rencana tesis)
  • Ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Maksimal 5 halaman (tidak termasuk daftar pustaka)
  • Tata cara penulisan: kertas A4 (kwarto); Arial Font 11; spasi: 1,5; marjin atas dan kiri: 4 cm, marjin kanan dan bawah 3 cm dari tepi kertas.
  • Kutipan dari suatu artikel lain harus menuliskan nama penulis dan tahun publikasi. Contoh. Cemaran senyawa fenol di Sungai Cisadane mempunyai Indeks Individual (II), sebesar 810, berarti sangat membahayakan (Palupi dkk., 1992); Irving Sax, (1979), cit. Sanusi dkk., (1995), menjelaskan bahwa kadar fenol lebih besar dari 5 ppm dapat mempengaruhi kulit, mata dan liver. Turunan fenol sering ditemukan pula dalam limbah rumah tangga karena banyak digunakan untuk sanitasi (Betty dan Winiati, 1993).
  • Daftar Pustaka disusun berdasar abjad. Pustaka dalam naskah ditunjukkan dengan nama akhir penulis, diikuti tahun. Bila pustaka mempunyai lebih dari satu penulis harus ditulis semua lalu diikuti tahun, tidak boleh diikuti dkk., atau et al.
    1. Buku: Nama belakang penulis, singkatan nama depan., tahun, judul buku, alamat penerbit: Penerbit. contoh: Atmodjo, A.P., 1990, Album Patologi Anatomi, Airlangga Universitycontoh: Atmodjo, A.P., 1990, Album Patologi Anatomi, Airlangga University Press, Surabaya.
    2. Bagian dari buku: Nama belakang penulis, singkatan nama depan., tahun, judul buku, alamat penerbit: Penerbit, hal.
  • Dilampiri curriculum vitae seperti form terlampir.

Makalah dan print out pendaftaran on line, beserta salinan berkas (legalisisir) yang diupload dikirimkan ke Program Magister Fakultas Farmasi UGM, dengan ketentuan batas akhir jadwal pengumpulan makalah paling lambat tanggal 4 Juli 2019

Calon mahasiswa wajib mengikuti tes seleksi wawancara yang diselenggarakan di Program Magister Fakultas Farmasi UGM( Gedung unit IX) pada:

Hari       : Rabu

Tanggal : 10 Juli 2019

Undangan seleksi dapat dilihat di web : programmagister.farmasi.ugm.ac.id

Adapun materi tes wawancara bersifat komprehensif dengan materi:

  1. Seputar makalah yang ditulis (penguasaan materi dan originalitas makalah)
  2. Rencana tesis
  3. Kesesuaian calon mahasiswa dengan prodi

KRITERIA PENILAIAN CALON MAHASISWA BARU
PROGRAM MAGISTER ILMU FARMASI FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA

  1. Kesesuaian calon mahasiswa dengan Prodi
    Curriculum vitae : ………………… (max 10)
    Rencana tesis : …………………….. (max 10)
    Tema makalah : ……………………. (max 10)
  2. Penguasaan akademik:
    Penulisan makalah : ……………… (max 20)
    Penguasaan materi : ……………… (max 30)
    Rencana tesis :………………………. (max 10)
  3. Personality
    (mencakup motivasi, kesungguhan dll) ……..  (max 10)Total                              max 100)

Program Magister Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UGM membuka pendaftaran Gelombang 1 untuk semester Gasal TA. 2019/2020 dan mengenai syarat khusus/tes substansi yang akan diselenggarakan di Program Magister Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UGM sebagai berikut:

Tata cara tes akademik calon mahasiswa baru Program Magister Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada TA. 2019/2020.

Setiap calon mahasiswa baru diwajibkan untuk membuat makalah berupa esai seputar kefarmasian dengan aturan sebagai berikut:

  1. Topik: masalah-masalah terkait kefarmasian (bisa berasal dari skripsi atau yang terkait dengan rencana tesis)
  2. Ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  3. Maksimal 5 halaman (tidak termasuk daftar pustaka)
  4. Tata cara penulisan: kertas A4 (kwarto); Arial Font 11; spasi: 1,5; marjin atas dan kiri: 4 cm, marjin kanan dan bawah 3 cm dari tepi kertas.
  5. Kutipan dari suatu artikel lain harus menuliskan nama penulis dan tahun publikasi. Contoh. Cemaran senyawa fenol di Sungai Cisadane mempunyai Indeks Individual (II), sebesar 810, berarti sangat membahayakan (Palupi dkk., 1992); Irving Sax, (1979), cit. Sanusi dkk., (1995), menjelaskan bahwa kadar fenol lebih besar dari 5 ppm dapat mempengaruhi kulit, mata dan liver. Turunan fenol sering ditemukan pula dalam limbah rumah tangga karena banyak digunakan untuk sanitasi (Betty dan Winiati, 1993).
  6. Daftar Pustaka disusun berdasar abjad. Pustaka dalam naskah ditunjukkan dengan nama akhir penulis, diikuti tahun. Bila pustaka mempunyai lebih dari satu penulis harus ditulis semua lalu diikuti tahun, tidak boleh diikuti dkk., atau et al.
    • Buku: Nama belakang penulis, singkatan nama depan., tahun, judul buku, alamat penerbit: Penerbit. contoh: Atmodjo, A.P., 1990, Album Patologi Anatomi, Airlangga Universitycontoh: Atmodjo, A.P., 1990, Album Patologi Anatomi, Airlangga University Press, Surabaya.
    • Bagian dari buku: Nama belakang penulis, singkatan nama depan., tahun, judul buku, alamat penerbit: Penerbit, hal.
  7. Dilampiri curriculum vitae seperti form terlampir.

Makalah dan print out pendaftaran on line, beserta salinan berkas (legalisisir) yang diupload dikirimkan ke Program Magister Fakultas Farmasi UGM, dengan ketentuan batas akhir jadwal pengumpulan makalah paling lambat tanggal 24 Mei 2019

Calon mahasiswa wajib mengikuti tes seleksi wawancara yang diselenggarakan di Program Magister Fakultas Farmasi UGM( Gedung unit IX) pada:

Hari       : Rabu

Tanggal : 12 Juni 2019

Undangan seleksi dapat klik disini

Adapun materi tes wawancara bersifat komprehensif dengan materi:

  1. Seputar makalah yang ditulis (penguasaan materi dan originalitas makalah)
  2. Rencana tesis
  3. Kesesuaian calon mahasiswa dengan prodi

 

KRITERIA PENILAIAN CALON MAHASISWA BARU
PROGRAM MAGISTER ILMU FARMASI FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA

  1. Kesesuaian calon mahasiswa dengan Prodi
    Curriculum vitae : ………………… (max 10)
    Rencana tesis : …………………….. (max 10)
    Tema makalah : ……………………. (max 10)
  2. Penguasaan akademik:
    Penulisan makalah : ……………… (max 20)
    Penguasaan materi : ……………… (max 30)
    Rencana tesis :………………………. (max 10)
  3. Personality
    (mencakup motivasi, kesungguhan dll) ……..      (max 10)Total                              max 100)